Kamis, 06 Desember 2012

Cara mempercepat proses printing


Suatu saat kita pasti pernah mencetak file dengan ukuran besar, dan kadang saat proses printing menjadi lama karena spooling atau bahkan berhenti di tengah jalan. Ada beberapa cara atau saran untuk mempercepat proses printing, antara lain:

1.  Menambah memory RAM.
Proses printing sangat memakan memory, dan itulah yang menyebabkan proses printing menjadi lama. Disini bisa dirasakan fungsi RAM, jadi kalau mau cepat ya silahkan di upgrade memorynya. Baik itu memory komputer atau memory printernya.

2. Update firmware/driver.
Update driver, sampai sejauh ini sih pengalaman menunjukkan yang namanya update driver selalu akan mempermudah proses atau paling tidak mempercepat proses printing.

3. Bypass spooling
a. buka control panel > printers
b. pilih printer yang dimaksud trus buka propertiesnya
c. pada properties printer pilih tab Advanced trus klik pilihan Print directly to the printer

4. Tidak langsung sekali jalan
Untuk file dengan memory besar, untuk contohnya ada file siap cetak 100 halaman, untuk memperkecil memory proses, bisa kita jadikan menjadi 4 perintah printing, jadi diperintah untuk printing per 25 halaman. kalau memang diperlukanuntuk mempercepat proses printing bisa kita jadikan perintah per halaman jalan printing. karena dengan pertimbangan berdasarkan pengalaman, andai pun diperintah 100 halaman langsung sekali jalan dan bisa, dikawatirkan akan berhenti di tengah proses, atau kemungkinan selanjutnya proses printing pada (katakan mulai halaman 30) proses printing akan menjadi sangat lambat/berat.

4 komentar:

  1. Thank's infonya gan, membantu sekali.

    BalasHapus
  2. maaf gan..harga update ir6020/5020 dan 6000/5000 terkini berapa gan....

    BalasHapus
  3. Thanks bro info nya aq pakai no.3 buat print jaringan /sharing lebih cepet.

    BalasHapus