Kamis, 06 Desember 2012

Mengatasi paper jam


Sering kali terjadi masalah pada printer pada saat mencetak dokumen. Paper jam adalah suatu kejadian dimana saat kita melakukan proses printing dan kertas yang kita gunakan macet atau tersangkut di mesin printer. Akan sangat merugikan secara waktu juga secara ekonomis jika masalah ini tidak segera teratasi, apalagi pada saat pekerjaan sangat menumpuk.

Oleh sebab itu, mengetahui beberapa penyebab terjadinya paper jammed menjadi satu hal yang sangat penting agar masalah tersebut tidak terulang di saat dan kondisi yang berbeda. Penyebab paper jammed beberapa diantaranya:

Pemasangan kertas yang terlalu banyak pada paper tray merupakan penyebab utama terjadinya paper jammed, oleh karenanya setiap pengguna printer sebaiknya tidak memasukkan kertas kedalam paper tray sampai penuh, namun seperlunya saja. Pastikan juga sebelum memasukkan kertas kedalam paper tray. kertas tersebut tidak menempel satu sama lain, hal ini biasanya terjadi saat kertas baru dibuka dari kemasan, atau terlipat karena ini juga menyebabkan kertas tersangkut. Jadi tidak ada salahnya jika sebelum memasukkan kertas, di cek dahulu kondisi kertasnya.

Penggunaan kertas terlalu tebal adalah penyebab sering terjadinya paper jammed, tidak semua kertas bisa digunakan pada printer, seperti kertas yang terlalu tebal hanya bisa digunakan untuk media cetak oleh merek dan jenis printer tertentu. Oleh karenanya baca dengan seksama buku manual printer dan cari tahu kertas jenis apa saja yang bisa digunakan pada printer tersebut. Hindari penggunaan printer untuk berbagai macam kertas, sebaiknya pisahkan jenis printer khusus untuk jenis ketebalan kertas (Gr) tertentu.

Kebersihan printer juga menjadi pemicu paper jammed. Untuk itu, khusus untuk printer ink jet, putus semua koneksi ke printer dan buka perlahan printer dan bersihkan bagian dalamnya. Perhatikan roda-roda maupun gir yang ada didalamnya dan coba bersihkan dengan menggunakan media yang tidak ada resistensi terhadap printer dan blower, atau bila perlu cairan sejenis alkohol bisa digunakan untuk lebih menjamin kebersihan printer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar