Jumat, 07 Desember 2012

Tips perawatan printer


Agar mendapatkan hasil printing yang maksimal kita harus bisa atau paling tidak mengerti cara melakukan perawatan pada printer. Sehingga usia printer bisa lebih lama penggunaannya. Secara umum ada beberapa perawatan pada printer yang bisa kita bahas disini, antara lain:

Perawatan dari luar
Bersihkan sisi terluar dari printer aling tidak seminggu sekali. Caranya gunakan kain lembut yang basah atau bisa juga gunakan kanebo, boleh juga selain menggunakan air gunakan alkohol untuk membersihkan debu, kotoran lembut, rambut, atau kotoran lain. Jangan menggunakan sembarang cairan karena justru bisa menyebabkan kerusakan chasing printer.

Perawatan dari dalam
Buka penutupnya secara perlahan dan keluarkan cartridge toner. Bersihkan gigi dan rol sepanjang jalur kertas. Untuk membersihkan rol, gunakan alkohol atau Bestine (sejenis pelarut yang tersedia di toko-toko seni)

Vacuum
Hal ini tidak dianjurkan untuk menggunakan kompresi udara blower untuk membersihkan bagian dalam printer, karena kotoran dan debu ada yang meluncur kembali ke printer.

Goyangkan toner perlahan
Sebelum mengganti cartridge toner, goyangkan perlahan dari sisi ke sisi. Hal ini memperpanjang kehidupan toner. Sehingga printer Anda mencetak merata di seluruh halaman.

Mencetak pada halaman kosong
Jalankan perintah printing pada halaman kosong melalui printer Anda. Kertas kosong ini berguna untuk membawa keluar serat, debu, dan sisa kotoran toner.

Menutupi printer
Bila tidak digunakan, lindungi printer Anda dengan penutup printer. Mereka tersedia di toko peralatan komputer dan kantor. Sebuah penutup membuat printer Anda aman dan bersih jika tidak digunakan.

Selalu jalankan perintah
Untuk printer yang jarang dipakai, disarankan untuk sehari sekali melakukan perintah printing agar tinta di head tidak kering atau menggumpal yang akan menyebabkan tinta menjadi tersumbat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar