Kamis, 06 Desember 2012

mengatasi hasil cetak printer bergaris


Masalah atau penyakit pada printer salah satunya adalah hasil cetakan yang bergaris. Kemunculan masalah bergaris ini bisa saja di tengah kita melakukan proses printing, atau bahkan saat awal melakukan proses printing.


Untuk diagnosa awal sih bisa saja head cartride printer kotor atau tersumbat atau tinta printer tidak lancar keluar karena selangnya "masuk angin". cara mengatasinya ada 32 cara.

Cara pertama lakukan replace cartride printer secara manual, pastikan lakukan semua dengan sehalus mungkin, setelah itu baru dicoba lagi. (menurut pengalaman ini cara paling ampuh dan tidak akan membuang tinta residu terlalu banyak/hemat tinta)

Cara kedua lakukan head cleaning, lewat menu maintenance. setelah dilakukan head cleaning, segera lakukan print head aligment atau nozzle check untuk melihat hasilnya. kalau masih bergaris lakukan maksimal 2x saja demi keawetan umur head printer tersebut. (menurut pengalaman cara ini agak boros tinta karena singkat kata tinta dipaksa untuk keluar membasahi head printer) makanya perlu dilakukan test print agar tinta tidak "kencing" terus di headnya.

Cara ketiga lakukan jika kedua cara diatas belum berhasil maksimal, maka lakukan pemaksaan tinta agar keluar dengan jumlah lebih banyak. Yaitu buat gambar blok warna dasar merah kuning biru dan hitam di selembar halaman, selanjutnya diperintah print dengan resolusi terbaik/best lewat menu preferences.

Jika semua cara diatas belum juga berhasil maka saran terakhir adalah mengistirahatkan printer anda. Bisa berarti tekan tombol off, matikan sejenak - istirahatkan printer, atau matikan terus dan membeli printer baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar